DETAIL BERITA

Group Jaranan Surya Kencono Putro Siap Membina Generasi Muda

2018-03-10 16:34:09

 

Para generasi muda bersama tokoh tokoh masyarakat Karang Tengah kecamatan Sananwetan kota Blitar telah membentuk grup kesenian tradisional Jaranan. Untuk menampung para seniman khususnya para pemuda, agar tidak terjerumus ke hal hal negatif. Grup kesenian Jaranan itu diberi nama Suryo Kuncoro Putro (SKP) dibawah pimpinan Hari Prabowo. Dengan tempat latihan di sekretariat, Jalan Sumba Gang II Timur, Rt.3/ Rw. 6 kelurahan Karangtengah kecamatan Sananwetan kota Blitar.
 
Hari Prabowo, ketua Suryo Kuncoro Putro mengatakan, grup kesenian jaranan yang dipimpinnya berdiri sejak satu tahun, tepatnya tanggal 10 Maret tahun lalu. Berdirinya grup kesenian tradisional ini untuk menampung para anggota khususnya para generasi muda. Karena seiring dengan perkembangan zaman, banyak sekali pengaruh negatif dengan sasaran para generasi muda. Seperti pengaruh narkoba dan kenakalan remaja. Sehingga perlu pembinaan dengan mengajak mereka berkesenian.    
 
‘’ Ini juga ikut serta membantu para orang tua dalam mendidik anak anaknya, agar tidak terjerumus dengan tindakan tindakan negatif. Dengan mengikuti kegiatan kesenian jaranan ini,’’ kata Hari.
 
Hari menyebutkan, saat ini anggota grup kesenian jaranan ini sekitar 60 orang. Sekitar 90 % nya para pemuda dibawah usia 25 tahun. Baik itu pengrawit, sinden maupun penari termasuk bagian make up. Selebihnya pembina dan pendamping. Dengan masuk grup jaranan ini mereka menghabiskan waktunya untuk belajar, karena sebagian ada yang masih pelajar dan mahasiswa serta bekerja bagi yang sudah bekerja. Selebihnya untuk latihan dan tampil jaranan. Latihan dilaksanakan setiap malam Sabtu dan Malam Minggu. Sehingga tidak mengganggu kesibukan yang lain.   
 
Hari menambahkan, selain memberikan pembinaan terhadap para generasi muda, terbentuknya grup jaranan ini untuk melestarikan kesenian tradisional dengan memperkenalkan kepada para pemuda/ bahkan mendalaminya (Source)