DETAIL BERITA

Penyusunan Borang Kebudayaan Kota Blitar

2018-10-24 11:07:49

Bertempat di Aula Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar, pada hari Senin (22/10/2018) mulai pukul 09.00 WBI sampai dengan 13.00 dilaksanakan Koordinasi, Evaluasi dan Pemantapan Isian Borang Kebudayaan Kota Blitar, setelah beberapa waktu yang lalu terbentuk TIM Penyusunan Pokok - Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah Kota Blitar, yang telah melaksanakan beberapa survey dan pendataan tentang kekayaan budaya di Kota Blitar.

Dari hasil survey dan pendataan tersebut dipergunakan sebagai pedoman dasar dalam penyusunan Borang Kebudayaan untuk selanjutnya dikirim ke tingkat pusat untuk dasar menyusun rencana - rencana strategis pemerintah pusat dalam melestarikan dan mengembangkan kebudayaan Indonesia.

Koordinasi yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar, Bapak Drs. Tri Iman Prasetyono, M. Si dengan dihadari oleh Tim PPKD Kota Blitar yang terdiri dari budayawan, seniman, sejarawan, tokoh masyarakat, pemuda dan mahasiswa. Dalam sambutannya Drs. Tri Iman Prasetyono berharap kepada Team Ad Hoc untuk segera mewujudkan hasil survey dan pendataan tentang kekayaan kebudayaan yang terdiri dari Tradisi Lisan, Manuskrip, Teknologi Tradisional, Pengetahuan Tradisional, Seni, Permainan Rakyat, Olahraga Tradisional, Bahasa, Ritus, Adat Istiadat, serta Cagar Budaya, menjadi Buku dan Borang Kebuyaan.

Karena nantinya dari dasar tersebut akan dipergunakan untuk menyusun Rencana Kerja Kebudayaan Kota Blitar yang kemudian dipergunakan untuk pemajuan kebudayaan di Kota Blitar sebagai landasan dalam melakukan perlindungan, pengembangan, pemanfaatan, serta pembinaan, sebagai bagian dari Pemajuan Kebudayaan itu sendiri di Kota Blitar.