DETAIL BERITA

Waditra Djembe Festival Tahun 2018

2018-08-24 16:49:59

Salah satu jejaring Kampung Wisata Kreatif di Kota Blitar, yaitu Kampung Wisata "Kendang Sentul" dengan lokasi di sebelah utara Makam Bung Karno dengan jarak tempuh kurang lebih 2 KM, masyarakat Sentul adalah masyarakat yang memiliki aktifitas membuat "Kendang Sentul" ragam varian mulai dari bentuk dan model kendang mampu dibuat oleh masyarakat Sentul, produksi Kendang Sentul juga telah merambah manca negara.

"Waditra Djembe Festival", yang diiniasi oleh Kampung Wisata Kendang Sentul, makna kata Waditra adalah sebuah kata istilah alat musik instrumen pada jaman sansekerta. Waditra Djembe Festival merupakan sebuah event hari raya sebuah kampung yang di pelosok kota kecil bernama kampung kendang sentul. Kampung kendang sentul merupakan kampung sentra pembuatan jenis kerajinan kayu sekaligus produksi alat instrumentasi dari kayu. Acara ini adalah sebuah acara untuk melestarikan dan mempertahankan budaya gotong royong , semangat guyub rukun antar warga, dan sekaligus rasa syukur atas nikmat kemerdekaan. Dalam rangkaian acara ini akan diselenggarakan kegiatan sebagai berikut :

  1. Kerjabakti Gotong Royong Bersih Desa Kampung Kendang Sentul
  2. Perlombaan Painting Kendang Djembe Antar Pengrajin Kendang Sentul
  3. Lomba Solo Djembe Player dan Grub
  4. Lomba Pembacaan Sholawat Diba' iyah
  5. Blitar Fashion Carnival
  6. Bazaar Produk Unggulan Kampung Kendang Sentul (Aneka jenis kendang untuk anak, standart dan pemain dan aneka jenis kerajinan kayu lainya)
  7. Rampak 1000 Djembe yang melibatkan musisi, seniman, warga kampung dan pengunjung Waditra Djembe Festival

Diharapkan rangkaian kegiatan yang tersusun seperti tersebut diatas mampu mengajak warga masyarakat berpartisipasi aktif dengan turut menghadiri "Waditra Djembe Festival"  demi suksesnya kegiatan ini, untuk memeriahkan kegiatan ini nantinya dari Panitia Pelaksana juga mengundang :

  1. Musisi
  2. Budayawan
  3. Seniman Penggemar Djembe
  4. Mahasiswa
  5. Warga Masyarakat Blitar dan Sekitarnya
  6. Tokoh
  7. Seluruh warga Indonesia

Waditra Djembe Festival ini hasil kerjasama antara Kampung Kendal Sentul, Blitar Creative Forum, Paguyuban Kangmas Diajeng Kota Blitar dan Jaringan Kampung Nusantara yang dilaksanakan mulai hari Sabtu s/d Minggu, (25 s/d 26 Agustus 2018), yang berlokasi di Lingkungan Kampung Kendang Sentul atau sekitar Halaman Rumah Almarhum Mbah Wo/Mbah Lurah, yang beralamat di Jalan Sawunggaling Gang Kyai Jamal Kelurahan Sentul Kota Blitar Jawa Timur, untuk peserta ada yang berasal dari Yogyakart dan Malaysia, lebih menariknya  peserta/pengunjung Festival ini yang berasal dari luar Kota Bltar yang berkeinginan untuk menginap disediakan juga home stay di Rumah Warga Kampung tidak jauh dari pusat kegiatan. Dan untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi nomer berikut ini.

  1. Sugeng 081217870700,
  2. Susi 085791334150,
  3. Poponk 0895337489776

 

Sumber : http://kimasabri.id