DETAIL BERITA

Terkait COVID-19, Ragam Istilah Yang Harus Di Ketahui

2020-04-02 14:46:05

(visitblitar) Kemunculan virus Corona (COVID-19), muncul beragam istilah yang berkaitan dengan penyakit ini, mulai dari physical distancing, social distancing, lock down, ODR, OTG, ODP hingga PDP. Istilah - istilah tersebut tentu akan menjadikan sebagian masyarakat bingung, agar kita memahami arti dari istilah tersebut, dapat diuraikan dari tulisan berikut ini :

  1. OTG (orang tanpa gejala) adalah orang yang tidak ada gejala dan memiliki resiko tertular dari orang yang terkonfirmasi COVID19, OTG merupakan orang yang kontak erat (kontak fisik maupun dalam satu ruangan dengan radius 1 meter) dengan kasus konfirmasi Covid19 maupun Pasien Dalam Pengawasan.
  2. ODR (orang dalam resiko) orang yang telah ditracking memiliki riwayat karena baru/pernah bepergian dan baru bepergian dari negara/daerah yang tersuspect corona dan/atau berhubungan dengan PDP tapi belum menunjukkan tanda gejala gangguan secara fisik.
  3. ODP (orang dalam pemantauan) orang yang telah memiliki riwayat karena baru/pernah bepergian dan baru bepergian dari negara/daerah yang terjangkit corona dan/atau pernah kontak fisik dengan positif Virus Corona dan memiliki gejala ringan seperti demam, batuk, dan infeksi saluran pernafasan. Orang ini tidak perlu dirawat inap dirumah sakit, namun harus tetap berada dirumah dan terus dipantau selama 14 hari sejak kepulangannya.
  4. PDP (pasien dalam pengawasan) orang yang sebelumnya berstatus ODP tetapi mengalami gejala demam, batuk dan sesak nafas yang lebih parah dan/atau gejala - gejala yang mengarah ke COVID-19, Untuk selanjutnya PDP harus melakukan pemeriksaan swab test di laboratorium rumah sakit rujukan.
  5. Terkonfirm adalah pasien dalam pengawasan yang telah melalui pemeriksaan SWAP Test dan dari hasil test memang menunjukkan hasil pasien tersebut secara positif terinfeksi virus corona.

Selain sebutan dan istilah tersebut diatas ada beberapa yang juga harus kita pahami, antara lain :

  1. Physical Distancing dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai "jaga jarak fisik" antara satu dengan yang lain agar tidak terjadi kontak langsung yang terlalu dekat ideal-nya antara 1 hingga 2 meter
  2. Social Distancing "jaga jarak sosial" maksudnya adalah tidak diharapkan selama COVID19 ini kita melakukan kegiatan - kegiatan yang mengundang banyak orang sehingga beresiko terhadap dampak penularan virus corona ini, maka Pemerintah menghimbau untuk bisa menunda seluruh kegiatan yang bersifat mengudang massa, pengurangan interaksi sosial dengan tetap berdiam diri dirumah.
  3. Lockdown adalah protokol darurat yang biasanya mencegah orang meninggalkan suatu area. Protokol ini biasanya hanya bisa diajukan oleh seseorang dalam posisi otoritas seperti pemimpin negara atau daerah.
  4. Isolasi adalah langkah memisahkan orang sakit yang memiliki penyakit menular dari orang yang tidak sakit. Isolasi memungkinkan orang yang terinfeksi menjauh dari orang sehat untuk mencegah penyebaran penyakit.
  5. Karantina keadaan atau tempat isolasi bagi seseorang yang mungkin telah bersentuhan dengan penyakit menular. Periode isolasi menurunkan kemungkinan orang dapat menularkan penyakit ke orang lain.

Demikian beberapa istilah yang bisa kita pahami bersama, sehingga bisa menjadikan pemahaman dimasyarakat, semoga kita selalu diberi kesehatan dan virus segera berlalu dan kita bisa melanjutkan aktifitas seperti sedia kala.